PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SIBOLGA T.P 2013/2014.

Sari, Novita (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SIBOLGA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141158 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141158 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141158 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141158 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141158 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141158 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141158 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141158 BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141158 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141158 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran siswa, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X AP di SMK Negeri 1 Sibolga T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sibolga yang berlokasi di Jalan Dr. Ferdinan Lumban Tobing No. 33 pada T.P 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AP SMK Negeri 1 Sibolga yang berjumlah 62 orang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah total sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 butir soal, dimana sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Cooperative Script adalah pre test sebesar 55,16 dan post test sebesar 78,23 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 54,68 dan post test sebesar 73,55. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 3,75 > 1,67 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran kelas X AP di SMK Negeri 1 Sibolga T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHafnizar, Syarifah19490505 198103 2 001
Call Number: 651.071 9 Sar p
Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Cooperative script; Konvensional; Hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13886

Actions (login required)

View Item View Item