INTEGRASI SOFTWARE DINAMIS AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING

Karnasih, Ida (2014) INTEGRASI SOFTWARE DINAMIS AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING. Jurnal Pendidikan Matematika, 04 (02). pp. 143-160. ISSN 2088-687x

[thumbnail of Integrasi software dinamis autograph dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan penemuan terbimbing.pdf]
Preview
Text
Integrasi software dinamis autograph dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan penemuan terbimbing.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview

Abstract

Artikel ini menyajikan basil penelitian yang menyelidiki keefektifan software dinamis AUTOGRAPH dalam belajar Aljabar di SMA menggunakan pendekatan penemuan terbimbing. Penelitian eksperimen semu ini berfokus pada kemampuan pemahaman dan penalaran matematika siswa dalam mempelajari fungsi kuadrat. 70 orang siswa terlibat dalam penelitian ini yang terdiri dari dua kelas, yaitu 35 siswa di kelas eksperimen dan 35 siswa di kelas kontrol. Siswa dikelompok eksperimen belajar dengan bantuan software AUTOGRAPH, sedangkan di kelompok kontrol siswa belajar tanpa bantuan software AUTOGRAPH. Di kedua kelas, siswa belajar menggunakanpendekatan penemuan terbimbing. Analisis statistik inferensial digunakan untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman dan penalaran matematika siswa dikelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis deskriptif digunakan untuk menelaah sikap siswa terhadap matematika dan terhadap pembelajaran dengan menggunakan penemuan terbimbing berbantuan software AUTOGRAPH. Hasil penelitian menunjukkan keunggulan kelompok eksperimen untuk kemampuan pemahaman dan penalaran, sikap siswa danaktivitas pembelajaran menggunakan AUTOGRAPH. Skor rata-rata keseluruhan kemampuan pemahaman kelompok eksperimen adalah 77,70 (s =8,77) lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 70,20 (s =12,16). Rata-rata kemampuan penalaran matematika kelompok eksperimenadalah 78,90 (s = 9,07) lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 70,10 (s = 11,97.) Hasil analisis aktivitas pembelajaran siswa di kelas eksperimen selama pembelajaran lebih baik dari pada aktivitas pembelajaran di kelas kontrol, dan sikap siswa selama mengikuti pembelajaran matematika dengan pendekatan Penemuan terbimbing menggunakan software AUTOGRAPH jauh lebih baik dan positif, serta siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa software AUTOGRAPH efektif digunakan dalam mengajar fungsikuadrat di SMA. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan software dinamis dalam mengajar matematika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika untukberbagai topik di SMA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika; Autograph; Penemuan terbimbing; Model pembelajaran; Penalaran; Kemampuan pemahaman; Sikap
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 07 Apr 2016 05:34
Last Modified: 18 Apr 2016 05:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item
View Item