PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Lubis, Hardhina Hafiza Rizki (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709341048 JUDUL.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341048 BAB I.pdf - Published Version

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341048 BAB V.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709341048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan,Menerapkan Model Pembelajaran Hands On Activity dengan Pendekatan Scaffolding untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Amir Hamzah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan di SMA Amir Hamzah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 41 orang.Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Sedangkan untuk analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 17 orang (41,46%) siswa sangat aktif dan aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 29 orang (70,73%) siswa yang aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I dan II sebesar 29,27%. Hasil belajar pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 11 orang (26,82%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 52,56. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 27 orang siswa (65,85%) dengan nilai rata-rata 72,56, dan pada siklus II sebanyak 37 orang siswa (90,24%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 82,56. Terjadi peningkatan sebesar 24,39%. Hasil pengujian menunjukkan thitung > ttabel yaitu 5,13>2,02. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikanDapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Hands On Activity dengan Pendekatan Scaffoldingy dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS pada standar kompetensi Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMA Amir Hamzah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita1957092319840302001
Call Number: 675.071 2 Lub p
Keywords: Aktivitas Belajar; HasilBelajar; Model Pembelajaran;Hands On Activity ;Pendekatan Scaffoldi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item View Item