PENERAPAN KOLABORASI MODELPEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS-4 SMA NEGERI1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Simanjuntak, Evi Meliana (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODELPEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS-4 SMA NEGERI1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
709141051 COVER.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141051 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141051 BAB I.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141051 BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
709141051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansisiswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dengan Giving Question and Getting Answer akan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS-4 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian siswa kelas XII IS-4 yang berjumlah 32 orang.Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus,dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatandan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas dan teshasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan hasil analisis dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh hasil padasiklus I sebesar 53,13% siswa masuk kategori aktif dan sangat aktif, karena belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 75% maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II adalah 78,13% siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif sehingga ada peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 25%.Untuk hasil belajar akuntansi siswa ditetapkan Kriteria Ketuntasan Minimum 65, maka dari hasil tes yang dilakukan pada siklus I diperoleh presentase hasil belajar yaitu 56,25% dengan nilai rata-rata 60,15 akan tetapi belum mencapai indikator hasil belajar yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh persentase hasil belajar yaitu 78,13% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 70,62. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 21,88% dari siklus I danII. Penelitian berhenti di siklus II karena telah mencapai indikator yang sudah ditetapkan sebesar 75%. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 32-1= 31 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 11,30 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (11,30 >2,03).Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dengan Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS-4 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLa Ane, 196212311991031023
Call Number: 657.071 2 Sim p
Keywords: Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Kolaborasi; Akuntansi; Giving Question And Getting Answer; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item View Item