UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 5 MEDAN MELALUI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN COURSE REVIEW HORAY TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Putri, Retno Herlia (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 5 MEDAN MELALUI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN COURSE REVIEW HORAY TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310131 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310131 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310131 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310131 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310131 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310131 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310131 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310131 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310131 BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310131 BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310131 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa serta untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD dengan Course Riview Horay di kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2012/2013Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan yang terletak di jalan Pelajar Nomor 17 – Medan - Sumatera Utara tahun pembelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 43 orang dan objek penelitian adalah model pembelajaran STAD dan Course Review Horay. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk essay serta angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.Dari analisis diperoleh data test awal jumlah siswa yang tuntas sebesar 32,56%, pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 55,81% dan pada siklus II siswa yang tuntas sebesar 79,07%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 23,26%. Sedangkan dari angket motivasi siswa diperoleh data tingkat motivasasi siswa pada siklus I sebesar 75,14% dan pada siklus II sebesar 83,37%. Peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa meningkat sebesar 8,23%. Dalam hubungan motivasi dan hasil belajar diperoleh rxy 0,96 yang berarti menunjukkan hubungan yang positif (sangat tinggi) antara motivasi dan hasil belajar. Dengan demikian diperoleh kontribusi motivasi sebesar 92,16% dalam meningkatkan hasil belajar.Dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model Pembelajaran STAD dengan Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang dengan materi ayat jurnal penyesuaian di kelas XII IPS 2 SMA N 5 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 19630712 198903 1 002
Call Number: 657.071 Put u
Keywords: Motivasi; Belajar; Model Pembelajaran; STAD; Course Riview; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

View Item View Item