PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Saragih, Frans Sinatra (2013) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114137-COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114137-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img] Text
708114137-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
708114137-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
708114137-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114137-BAB I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114137-BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img] Text
708114137-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa tentang profesi guru sangat bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ekspos Facto. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam menguji hipotesis, maka teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010 dan 2011 yang berjumlah 729 orang. Sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini digunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 497 orang. Data persepsi mahasiswa tentang profesi guru diperoleh dengan menggunakan angket, dan data prestasi belajar mahasiswa diperoleh dari kartu hasil studi (KHS). Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Sederhana dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus Uji t. Dari hasil analisis diperoleh Y = 2,89 + 0,058 X yang artinya bahwa pengaruh antara Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi bernilai positif. Kemudian untuk uji hipotesis digunakan uji t dengan dk = n-2 = 495 pada taraf signifikansi (taraf kepercayaan) 95% atau alpha 5% dengan hasil thitung = 1,283 sedangkan ttabel =1,960 (1,283 < 1,960). Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDarma, Jufri19720721 00501 1 003
Call Number: 657.071 Sar p
Keywords: Profesi Guru; Belajar; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13278

Actions (login required)

View Item View Item