PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA MEDAN PUTRI TAHUN AJARAN 2012/2013

Suriyani, Dedek (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA MEDAN PUTRI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310026 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310026 BAB I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310026 BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 524 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Random Sampling, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item, yang terdiri dari 4 pilihan (a,b,c dan d).Untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal, terlebih dahulu tes hasil belajar di uji cobakan kepada 30 orang siswa diluar sampel penelitian. Hasil tes belajar menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 71,67 dengan standar deviasi 9,58 dan nilai rata-rata kelas kontrol 64,16 dengan standar deviasi 9,19. Pengujian hoipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-t dengan dk (n1 + n2 – 2) pada taraf α = 0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,265 dan ttabel sebesar 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,265 > 1,669 dengan kata lain hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Metode Creative Problem Solving (CPS) secara signifikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Swasta Medan Putri Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Bangun19540423 197903 1 003
Call Number: 330.071 Sur p
Keywords: Metode; Creative Problem Solbing (GPS); Hasil Belajar; Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13247

Actions (login required)

View Item View Item