PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS XI IPS SMA N 1 DOLOKSANGGUL T.A 2012/2013

Purba, Chrystina M Lestari (2013) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS XI IPS SMA N 1 DOLOKSANGGUL T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071277110031.Cover.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110031.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110031.Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110031.Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110031.Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110031.Daftar Tabel .pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110031.Abstrak .pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110031.Bab I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071277110031.Bab V.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Konvensional secara simultan mempengaruhi Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi siswa di SMA N 1 Doloksanggul.Penelitian ini bertujuan untuk h perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kelas XI IPS di SMA N 1 Doloksanggul T.A 2012/2013. Populasi dalam penelian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Doloksanggul semester 1 tahun ajaran 2012/2013. Yang berjumlah 4 kelas pararel untuk jurusan IPS dan setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Dari 120 siswa yang ada secara keseluruhan, diambil 60 siswa sample dengan menggunakan purposive sampling. Sumber data dalam penelitian adalah data yang diperoleh dari sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan bantuan Excel. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran problem based learning ( PBL ). Hal ini dapat dilihat dari t-hitung 4,579 > t-tabel 1,672 dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk pembilang 58. Kesimpulan penelitian adalah diketahui bahwa ada perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan model konvensional dan model problem based learning (PBL) pada materi Ruang Lingkup Kajian Ekonomi di Kelas XI SMA N 1 Doloksanggul T.A 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Asnawiyah10480512 197302 2 001
Call Number: 330.071 Pur p
Keywords: Hasil Belajar; Konvensional; Ceramah; Tanya Jawab; Pemberian Tugas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13234

Actions (login required)

View Item View Item