PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X-5 SMA KARTIKA I-2 MEDAN T.A 2011/2012

Ayu, Nita Indra (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X-5 SMA KARTIKA I-2 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081277110025 Cover.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110025 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110025 Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110025 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110025 Bab I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110025 Bab V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-5 SMA Kartika I-2”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan Kolaborasi Model Pembelajaran CooperativeIntegrated Reading And Composition dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-5 SMA Kartika I-2. Penelitian dilaksanakan di SMA Kartika I-2 pada semester genap T.A 2011/2012 dengan subjek penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur aktivitas dan hasil belajar digunakan tes berbentuk essay tes, dan untuk mengukur aktivitas siswa digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Reduksi data, 2) Menyajikan data, dan 3) Menarik kesimpulan. Dari hasil tes analisis data yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 22 siswa (57,89%) yang tuntas belajar pada siklus I, menjadi 33 siswa (86,84%) pada siklus II. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas belajar dari siklus I kesiklus II sebesar 44,74%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dengan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-5 di SMA Kartika I-2 T.A 2011/2012 membuktikan peningkatan hasil belajar yang signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Mayor195305121983031001
Call Number: 352.071 Ayu p
Keywords: Aktivitas; Hasil Belajar; Kolaborasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dengan Snowball Throwing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item View Item