PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK-BM SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Anggraini, Gesty (2012) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK-BM SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310053 Cover.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310053 Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310053 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310053 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310053 Abstrak.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310053 Bab I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310053 Bab V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310053 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya diantaranya keterampilan guru mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dari keterampilan guru mengajar terhadap motivasi belajar siswa di SMK-BM Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMK-BM Swasta Jambi Medan di Jalan pertiwi No.166 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 56 siswa dan sampel berjumlah 56 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampel total. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan mengajar dan motivasi belajar berupa angket dalam bentuk skala likert.Untuk mengetahui besarnya pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap motivasi belajar dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi yakni Y= 32.713+0.455X. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji t, diketahui terdapat pengaruh keterampilan guru mengajar yang signifikan terhadap motivasi belajar, dengan diperoleh t hitung (4,099) > t tabel (1,67) pada taraf kepercayaan 95 % dan Alpha 5% dengan koefisien determinasi secara keseluruhan sebesar 0,237. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan dari keterampilan guru mengajar terhadap motivasi belajar siswa di SMK-BM Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Bangun195404231979031003
Call Number: 650.071 Ang p
Keywords: Keterampilan Mengajar; Motivasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item