PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REVIEW OVERVIEW PRESENTATION EXERSICE SUMMARY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN AJARAN 2011/2012

Mawaddah, Nurul (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REVIEW OVERVIEW PRESENTATION EXERSICE SUMMARY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310118 Cover.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310118 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310118 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310118 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310118 Abstrak.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310118 Bab I.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310118 Bab V.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310118 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IS SMA Negeri 4 Binjai Tahun Ajarann 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Review Overview Presentation Exercise Summary terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 4 Binjai Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan dikelas XI IS SMA Negeri 4 Binjai yang beralamat di Jln. Cut Nyak Dien No. 143 Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pelajaran 2011/2012. Yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah seluruhnya 72 siswa. Dimana kelas XI IS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 2 sebagai kelas kontrol. Dari masing-masing kelas diambil 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk essay tes sebanyak 5 soal. Soal diambil dari buku paket yang digunakan oleh guru yang telah dianggap valid dan reliabel. Tekhnik analisis data yang digunakan dimulai dari menghitung skor mentah untuk tiap Kelompok, mencari standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen untuk pretest X= 41,83 ; SD= 8,45 dan postest X= 74,66 ; SD= 11,05. Sedangkan kelas kontrol untuk pretest X= 40,17 ; SD= 7,71 dan postest X= 64,33 ; SD= 12,16. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t dan dk= (n_1+ n_2) – 2 pada taraf α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh t_hitung = 3,42 dan t_tabel = 2,00. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t_hitung> t_(tabel ), yaitu (3,42 > 2,00) hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari model pembelajaran Review Overview Presentation Exercise Summary terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 4 Binjai Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Mangku194708011980031001
Call Number: 657.071 Maw p
Keywords: Model Pembelajaran Review Overview Presentation Exercise Summary; Metode Konvensional;Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13007

Actions (login required)

View Item View Item