PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DENGAN STRATEGI MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA YAYASAN PERGURUAN UTAMA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Tahyudin, Ahmad (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DENGAN STRATEGI MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA YAYASAN PERGURUAN UTAMA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310009 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708310009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310009 BAB I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310009 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Yayasan Perguruan UTAMA Medan dengan menerapkan model pembelajaran Concept Sentence dengan strategi Modeling The Way. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Yayasan Perguruan UTAMA Medan pada semester ganjil T.A 2012/2013 dengan subjek adalah siswa kelas XII IS yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Concept Sentence dengan strategi Modeling The Way. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan motivasi siswa pada siklus I hanya rata-rata 56,79% menjadi 79,41% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan motivasi sebesar 22,62%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa, yaitu dari 34 siswa hanya 19 (55,88%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 30 siswa (88,24%) pada siklus II. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari post test siklus I ke post test siklus II sebesar 32,36%. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 70.Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Concept Sentence dengan strategi Modeling The Way pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di kelas XII IS SMA Yayasan Perguruan UTAMA Medan T.A. 2012/2013 membuktikan peningkatan motivasi dan hasil belajar yang signifikan. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Concept Sentence dengan strategi Modeling The Way dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: 657.071 Tah p
Keywords: Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Concept Sentence dengan strategi Modeling The Way
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12952

Actions (login required)

View Item View Item