PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 2 DI SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P. 2012/2013

Guci, Nurhelma (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 2 DI SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708310112 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310112 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310112 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310112 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310112 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310112 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310112 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310112 BAB I.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310112 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708310112 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak 2 SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pembelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan strategi pembelajaran Learning Start With a Question di kelas XI Ak 2 SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Cermin yang beralamat di jalan Menang No. 1 Pantai Cermin. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak 2 yang berjumlah 32 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan strategi pembelajaran Learning Start With a Question untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang menggunakan dua siklus tindakan yang berurutan. Tahapan setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Adapun analisis data dengan menggunakan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 14 yang termasuk dalam kriteria Cukup Baik. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 20,03 yang termasuk dalam kriteria Baik. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 57,5 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 66,7 atau terjadi peningkatan sekitar 9,2 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 77,8 atau mengalami peningkatan 11,1 poin.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan strategi pembelajaran Learning Start With a Question di kelas XI Ak 2 SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Mangku194708011980031001
Call Number: 657.071 Guc p
Keywords: Model Pembelajaran Think-Pair-Share; Strategi Pembelajaran Learning Start With a Question; Aktivitas; Hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12946

Actions (login required)

View Item View Item