PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA SWAKARYA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sitepu, Septa Devhy Cerianta (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA SWAKARYA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
0708114251 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708114251 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114251 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114251 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708114251 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708114251 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708114251 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114251 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114251 BAB I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114251 BAB V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114251 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Swakarya Binjai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan kolaborasi model Pembelajaran Talking Stick dan Time Token dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar akuntansi siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Swakarya Binjai.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Swakarya Binjai yang berlokasi di Jl. Samanhudi No. 17 Binjai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dengan jumlah 34 orang siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa melalui kolaborasi model pembelajaran Talking Stick dan Time Token. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa yaitu pada siklus I hanya rata-rata 58,82% menjadi 73,52% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 14,70%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 34 siswa hanya 23 (67,65%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 30 (88,24%) siswa pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 75.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Talking Stick dan Time Token pada standar kompetensi Mengelola Kartu Persediaan Barang dan Jasa di kelas XI Akuntansi SMK Swasta Swakarya Binjai Tahun Pelajaran 2011/2012 membuktikan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi Model Pembelajaran Talking Stick dan Time Token dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanihuruk, Daulat19510203197431001
Call Number: 657.071 Sit p
Keywords: Kolaborasi Model Pembelajaran Talking Stick dan Time Token; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

View Item View Item