PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK2 SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Rahma, Siti (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK2 SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114261 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114261 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114261 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114261 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708114261 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114261 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114261 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114261 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114261 BAB I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114261 BAB V.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114261 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK2 SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan penerapan model pembelajaran Explicit Intruction dengan Strategi Pembelajaran Firing Line.Penelitian ini dilaksankan di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK2 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan test dan lembar observasi Aktivitas. Teknik analisis data terdiri reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan berdasarkan reduksi dan penyajian data.Dari analisis diperoleh data test awal jumlah siswa yang tuntas 15 orang dengan nilai rata-rata 68,75. Dan hasil belajar siklus I dengan jumlah siswa yang tuntas 23 orang dengan nilai rata-rata 75,37. Sedangkan hasil belajar siklus II dengan jumlah siswa yang tuntas 34 orang dengan nilai rata-rata 85,92. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus I ke postest siklus II 27,5%. Hasil observasi yang diperoleh menunjukan peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 37,5% sementara pada siklus II 82,5%, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 45%.Berdasarkan analisis diatas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Intruction dengan strategi pembelajaran Firing Line pada standart kompetensi mengelola administrasi kas bank dikelas XI AK2 SMK swata Nur Azizi Tanjung Morawa Sumatera Utara Tahun pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Intruction dengan strategi pembelajaran Firing Line dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNugrahadi, Eko Wahyu196407031991031002
Call Number: 657.071 Rah p
Keywords: Aktivitas; Model Pembelajaran Explicit Intruction; Strategi Pembelajaran Firing Line
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12912

Actions (login required)

View Item View Item