PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.A 2011/2012

Prichella, Baby (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114071 COVER.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0708114071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114071 BAB I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114071 BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan metode pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity di kelas X Akuntansi SMK Swasta Parulian 2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Parulian 2 Medan yang terletak di Jl. Garuda Raya Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 38 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan Metode Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands on Activity. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata-rata 58.02% menjadi 80.92% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 22.9%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 38 siswa hanya 21 (55.26%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 32 siswa (84.21%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 75. Hubungan aktivitas dan hasil belajar diperoleh rxy sebesar 0.78 yang berarti menunjukkan hubungan yang positif (tinggi) antara aktivitas dan hasil belajar. Dengan demikian diperoleh kontribusi aktivitas sebesar 60.84% dalam meningkatkan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands on Activity pada standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang di kelas X Akuntansi SMK Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands on Activity dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita195709231984032001
Call Number: 657.071 Pri p
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands on Activity
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12902

Actions (login required)

View Item View Item