PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE YANG DILENGKAPI MEDIA KARTU BERPASANGAN (INDEX CARD MATCH) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Hutasuhut, Devi Astriana (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE YANG DILENGKAPI MEDIA KARTU BERPASANGAN (INDEX CARD MATCH) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113331008 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331008 BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331008 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113331008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share yang dilengkapi media kartu berpasangan (Index Card Match) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Share pada pokok bahasan Hidrokarbon, bagaimana korelasi sikap kerjasama terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan seberapa besar kontribusinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 8 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif sampling, yakni sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Masing-masing kelas terdiri atas 38 orang siswa. Siswa pada kelas eksperimen I diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share yang dilengkapi media kartu berpasangan Index Card Match Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II diberi pengajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Instrumen tes yang valid sebanyak 20 soal dan dinyatakan reliabel = 0,7735. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen I memiliki rata-rata nilai pre-test 38,03 dan post-tes 87,37 dan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pre-test 33,29 dan pos-tes 82,5. Persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I 80,2% dan pada kelas eksperimen II 73,4% sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar sebesar 6,8%. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, postest dan gain pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung â

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Lisnawaty197607192003122002
Call Number: SK-2015 KIM 139
Keywords: Think Pair Share (TPS); Index Card Match; Hidrokarbon; Kerja Sama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

View Item View Item