EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA N 21 MEDAN T.P 2014/2015

Hasibuan, Yuli Hannasari (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA N 21 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4112121019 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121019 BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121019 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4112121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran scientific inquiry, mengetahui hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional, dan mengetahui efek model pembelajaran scientific inquiry terhadap hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dengan jumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas kontrol berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, d, dan e) yang telah divalidasi oleh validator.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 29,67 dengan standar deviasi 11,09 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 31,66 dengan standar deviasi 11,91. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran scientific inquiry dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,00 dengan standar deviasi 8,09 dan kelas kontrol 58,83 dengan standar deviasi 9,34. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa ada efek yang signifikan model pembelajaran scientific inquiry pada materi Fluida Dinamis di Kelas XI SMA N 21 Medan T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, Nurdin196404181990031003
Call Number: SK-2015 FIS 108
Keywords: Efek,Scientific Inquiry; Hasil Belajar; Fluida Dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12371

Actions (login required)

View Item View Item