PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DAN PETA KONSEP TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PROTEKSI SISTEM TENAGA LISTRIK

Sriadhi, (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DAN PETA KONSEP TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PROTEKSI SISTEM TENAGA LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16 (02). pp. 113-123. ISSN 0854-7468

[img]
Preview
Text
Full Text, Cover.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi ini mengungkap pengaruh model pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik. Kelompok eksperimen pembelajaran berbasis multimedia dengan sampel 38 orang dan pembelajaran strategi peta konsep 36 orang. Analisis data menggunakan statistik komparasi dua meanpada taraf α = 5 %. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran berbasis multimedia meningkatkan capaian kompetensi (A) sebesar 34,2% ; kegagalan 0% dan indeks nilai 3,48. Pembelajaran strategi peta konsep meningkatkan capaian kompetensi (A) sebesar 27,8%; kegagalan 5,6% dan indeks nilai 3,11. Kedua model pembelajaran berbeda secara signifikan dalam capaian hasil belajar dan pembelajaran berbasis multimedia terbukti lebih efektif dibandingkan strategi peta konsep pada taraf signifikansi α = 5%. Untuk selanjutnya perlu dilakukan penelitian dengan menyertakan gaya belajar mahasiswa sebagai variabel moderator sehingga akan diketahui interaksinya dengan model pembelajaran dalam upaya meningkatkan kapabilitas hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Article
Keywords: Multimedia; Peta Konsep; Kompetensi; Proteksi Tenaga Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 14 Apr 2016 10:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item