PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE MAKE A MACTH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Tampubolon, Relisda (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE MAKE A MACTH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113131057 COVER.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131057 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131057 BAB I.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131057 BAB V.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Make a Macth terhadap hasil belajar kimia siswa SMA pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Make a Macth dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning tanpa metode Make a Macth. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 23 soal yang telah valid. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen adalah 35,56 dan untuk kelas kontrol adalah 27,60 sedangkan nilai rata-rata postest untuk kelas eksperimen adalah 79,06 dan untuk kelas kontrol adalah 74,70. Uji hipotesis dalam penelitian ini yaitu uji t pihak kanan dan uji hipotesis korelasi yang diperoleh thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan metode Make a Macth terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJuniar, Anna19600613 198803 2 001
Call Number: SK-2015 KIM 016
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Metode Make a Macth; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12240

Actions (login required)

View Item View Item