UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI RAMPAH TAHUN AJARAN 2014/2015

Jannah, Fathul (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI RAMPAH TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4101111017 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111017 BAB I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111017 BAB V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4101111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pendekatan Brain Based Teaching di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah yang berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari satu kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan Pendekatan Brain Based Teaching.Soal tes hasil belajar siswa berbentuk uraian,setiap siklus dilakukan satu kali tes hasil belajar. Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes awal. Dari hasil tes awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, diperoleh 5 dari 40 siswa (12,5%) yang mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan rata-rata1,36. Setelah pemberian tindakan pada siklus I terdapat 18 dari 40 siswa (45%) mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikald engan nilai rata-rata 2,59. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (77,5%) atau 31 dari 40 orang siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 2,98.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Brain Based Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asrin196010021987031004
Call Number: 512.943 071 Jan u
Keywords: hasil belajar; aktivitas belajar matematika; Brain Based Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12021

Actions (login required)

View Item View Item