PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 5 MEDAN T.A 2014/2015

Lumban Gaol, Manto (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 5 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111049 cover.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111049 DAFTAR TABE4L.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111049 BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111049 BAB V.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi program linear dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media Autograph di kelas XI SMA N 5 Medan tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 42 siswa kelas XI MIA-2 SMA N 5 Medan dan Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think–Pair-Share (TPS) berbantuan media Autograph untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi program linear. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa pada setiap aspek pemahaman konsep pada materi program linear dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika model pembelajaran Think–Pair-Share (TPS) berbantuan media Autograph diterapkan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa mengalami peningkatan pada setiap aspek pemahaman konsep setelah siklus II dilaksanakan. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Think–Pair-Share (TPS) berbantuan media Autograph menunjukkan tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa pada aspek Translasi sebesar 66,67% siswa dengan kategori sedang, pada aspek Interpretasi sebesar 69,05% siswa dengan kategori sedang, dan pada aspek Ekstrapolasi sebesar 57,14% siswa dengan kategori rendah. Hasil analisis data akhir siklus II dengan model pembelajaran yang sama diperoleh peningkatan banyak siswa yang memahi aspek Translasi sebesar 83,3% dengan kategori baik, pada aspek Interpretasi meningkat sebesar 88,09% dengan kategori baik, dan pada aspek Ekstrapolasi meningkat sebesar 80,95% dengan kategori baik. Dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran siklus I, diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan peneliti termasuk kedalam kategori cukup dan meningkat menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think–Pair-Share (TPS) berbantuan media Autograph, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada materi program linear di kelas XI MIA-2 SMA N 5 Medan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManurung, Nurliani196203051987032003
Call Number: 512.507 1
Keywords: pembelajaran think pair share; media autograph; program linear; persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12017

Actions (login required)

View Item View Item