PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 1 BERASTAGI

Perangin-angin, Fierreza S. (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111029 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 BAB I.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111029 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan 2 model pembelajaran, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dan Problem Based Learning di kelas VII SMP Negeri 1 Berastagi T.A. 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berastagi T.A. 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas paralel. Sedangkan, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sampel homogen, yang dipilih secara acak, siswa sebagai sampel sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII-1 sebanyak 30 orang yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dan kelas VII-3 sebanyak 30 orang yang belajar dengan Problem Based Learning.Berdasarkan hasil perhitungan uji reliabilitas instrumen, dari 5 soal pretest dan 5 soal posttest yang diujicobakan diperoleh 5 soal pretest dengan r_hitung = 0,83606 atau sekitar 84% tingkat kereliabelannya dan 5 soal posttest dengan r_hitung = 0,863972 atau sekitar 86% tingkat kereliabelannya dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dan taraf signifikan α = 0,05. Maka, soal pretest dan soal posttest tersebut dikatakan reliabel.Rata-rata pretest siswa kelas TAI sebesar 69,53, sedangkan rata-rata posttest 71,7. Dari siswa kelas PBL diperoleh rata-rata pretest sebesar 54,83, sedangkan rata-rata posttest sebesar 56,27. Dari hasil perhitungan diperoleh 〖 t〗_hitung = 3,605 dan t_tabel = 1,661 dengan dk = 58 dan taraf nyata α = 0,05. Dapat dilihat bahwa t_hitung>t_tabel=3,605>1,661, maka H_0 ditolak atau terima H_a. Maka dari hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada pokok bahasan pengukuran luas dan keliling segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Berastagi T.A. 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, P195410191980111001
Call Number: 513.207 1 Per p
Keywords: pemecahan masalah matematika; pembelaajran kooperatif; TAI; bangun datar segi empat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12009

Actions (login required)

View Item View Item