EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Sirait, Rika Arima (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409331048 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331048 BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331048 BAB V.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media peta konsep dengan pembelajaran metode diskusi langsung dengan media peta konsep pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Negeri 20 Medan pada kelas XI IPA tahun ajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban. Sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievmant Division (STAD) dengan Media Peta Konsep 71,68, sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran diskusi bebas dengan media Peta konsep memiliki rata-rata nilai 50,72. Disamping itu, dari analisis data gain yang telah berdistribusi normal dan homogen bahwa rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimen I sebesar 0,593 dan kelas eksperimen II sebesar 0,246 sehingga persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 59,3 % sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 24,6 %. Sesuai dengan uji hipotesis yakni uji t dua pihak, dengan taraf signifikan 0,025 diperoleh thitung > ttabel, yakni thitung = 5,633 > ttabel = 1,6788, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan melihat hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievmant Division (STAD) dengan Media Peta Konsep lebih tinggi daripada menggunakan Model Pembelajaran Diskusi Bebas dengan Media Peta Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDibyantini, Ratu Evina196206221986032001
Call Number: 541.340 712 Sir e
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Metode dalam belajar Mengajar; STAD; Media Pembelajaran; LArutan Elektrolit; Non Elektrolit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11869

Actions (login required)

View Item View Item