PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BESARAN, SATUAN, DAN PENGUKURAN KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2014/2015

Asra, Aulia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BESARAN, SATUAN, DAN PENGUKURAN KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409421004 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421004 BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421004 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran, satuan, dan pengukuran kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Percut sei Tuan yang terdiri dari 5 kelas.Sampel penelitian ini diambil dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster Random sampling dengan menentukan kedua kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 34 orang dan kelas kontrol berjumlah 34 orang. Untuk memperoleh data yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa adalah tes belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 item dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidkan oleh validator. Uji normalitas kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,11, Ltabel = 0,15, dan kelas kontrol dengan Lhitung = 0,12, Ltabel = 0,15, Lhitung<Ltabel, Maka dikatakan data berdistribusi normal. Berdasarkan analisa data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretes 27,20 dengan standar deviasi 11,56 , untuk rata-rata nilai postes 70,73 dengan standar deviasi 8,36. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretes 27,79 dengan standar deviasi 10,53, untuk rata-rata nilai postes 65,88 dengan standar deviasi 6,79. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t nilai kedua sampel diperoleh thitung = 2,62 pada taraf signifikan &#945; = 0,05 dan dk = 66 dan harga ttabel = 1,66. Dengan membandingkan antara thitung dan ttabel diperoleh thitung>ttabel (2,62 > 1,66), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Besaran, Satuan, dan Pengukuran di kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTampubolon, Togi196105011987031003
Call Number: 531.140 712 Asr p
Keywords: Belajar; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Mengukur Besaran Fisika; Notasi Ilmiah; Besaran dan Satuan; Ketidak pastian Pengukuran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11785

Actions (login required)

View Item View Item