PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) BERBANTUAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 POLLUNG T.A. 2013/2014

Banjarnahor, Rina Novenna (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) BERBANTUAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 POLLUNG T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4102121020 COVER.pdf - Published Version

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121020 BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121020 BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamisdi kelas X semester II SMA Negeri 1 Pollung tahun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi experimentdengan populasi seluruh siswa kelas X SMANegeri1Pollung yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X3 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas kontrol l. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal, 2) instrumen observasi aktivitas belajar siswa.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas kontroladalah26,00 dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rat pretes 28,71 kemudian dilakukan uji normalitas kelas kontrol diperoleh Lhitung=0,1472 <Ltabel=0,1519 dan pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung=0,1430 <Ltabel=0,1519. Setelah itu, dilakukan uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,55<Ftabel=1,75. Dengan demikian terpenuhi persyaratan untuk melakukan uji t dua pihak. Uji t menunjukkan bahwa thitung<ttabel yaitu 1,27<1,98 maka Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa pada kelas kontrol sama dengan kemampuan awal kelas eksperimen. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata postes kelas kontrol 41,41 dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postes 46,82kemudian dilakukan uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh Lhitung=0,1326 <Ltabel=0,1519, dan pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung=0,1480<Ltabel=0,1519. Setelah itu, dilakukan uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,01<Ftabel=1,75. Dengan demikian terpenuhi persyaratan untuk melakukan uji t. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,62> 1,67 pada taraf signifikansi &#945; = 0,05. Dari data yang diperoleh maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan animasi macromedia flash pada hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas x semester II SMA Negeri 1 PollungT.A. 2013/2014.Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvesional pada kelas kontrol pada pertemuan I=20,22, II=26,47 dan III=26,28 sedangkan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pertemuan I=33,33, II=46,20 dan III=45,83.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWahyuni, Ida196401181996032001
Call Number: 537.607 12 Ban p
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Listrik Dinamis; Alat Ukur Listrik; Beda Potensial; Hukum Ohm; Rangkaian Listrik Searah; Hambatan Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11772

Actions (login required)

View Item View Item