UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IXSMP NEGERI 3 RANTAU UTARA T.A 2014/2015

Musanna, Tiya (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IXSMP NEGERI 3 RANTAU UTARA T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4101111054 COVER.pdf]
Preview
Text
4101111054 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4101111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4101111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4101111054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4101111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4101111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4101111054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4101111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 BAB I.pdf]
Preview
Text
4101111054 BAB I.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 BAB V.pdf]
Preview
Text
4101111054 BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4101111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4101111054 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4101111054 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning, (2) Mengetahui sejauhmana peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa setelah diajar dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas IX SMP Negeri 3 Rantau Utara yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I peneliti memberi perlakuan yaitu menerapkan model pembelajaran Think Pair Share yang dibimbing secara individual. pada akhir siklus dilaksanakan tes kemampuan penalaran I yang berbentuk uraian dan sebanyak 4 soal, dari hasil tes kemampuan penalaran I dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan penalaran daripada hasil tes awal sebelum diberi perlakuan, namun belum memenuhi kriteria penalaran yang baik. Kemudian dilaksanakan siklus II dengan adanya penambahan perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran Think Pair Share yang dibimbing secara individual dan kelompok. Pada akhir siklus dilaksanakan tes kemampuan penalaran II yang berbentuk uraian dan sebanyak 4 soal, dari hasil tes dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan penalaran. Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan penalaran siswa 47,22 dengan presentase siswa yang telah mencapai nilai kemampuan penalaran minimal kualifikasi cukup baik sebesar 69,44% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 63,19 dengan presentase siswa yang mencapai Nilai minimal kualifikasi cukup baik sebesar 83,32% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 76,05 dengan presentase siswa yang mencapai nilai minimal kualifikasi cukup baik sebesar 88,88% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas IX XMP Negeri 3 Rantau Utara sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.507 1 Mus u
Keywords: Belajar Matematika; Kemampuan Penalaran; Model Pembelajaran; Think Pair Share; Bangun Ruang Sisi Lengkung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 30 Aug 2016 01:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item
View Item