PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN PEMBELAJARAN BIASA DI KELAS VIII SMP TRI JAYA MEDAN T.P. 2014/2015

Sinaga, Zita Srikandi (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN PEMBELAJARAN BIASA DI KELAS VIII SMP TRI JAYA MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111087 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 BAB I.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realitik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Tri Jaya Medan T.P. 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Tri Jaya Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan rata-rata jumlah siswa per kelas sebanyak 30 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen 1 yang diterapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan siswa kelas VIII-B sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang diterapkan pembelajaran biasa. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang telah valid dan reliabel. Soal posttes yang digunakan sebanyak 20 soal. Nilai rata-rata hasil posttes pada kelas VIII-A adalah 76,43 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Nilai rata-rata hasil postes pada kelas VIII-B adalah 65,33 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 35. Dari hasil analisis data posttes kelas VIII-A diperoleh = 0,1056 < = 0,161 dan data posttes kelas VIII-B diperoleh = 0,1037 < =0,161, sehingga disimpulkan data posttes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data posttes adalah homogen karena kedua varians =0,8192 < =1,93. Kemudian uji hipotesis data posttes kedua sampel diperoleh = 2,1276 dan t_tabel=1,672 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel , sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Tri Jaya Medan T.P. 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSamosir, Katrina196308281989032003
Call Number: 512.942 071 Sin p
Keywords: Pembelajaran Matematika; Matematika Realistik; Kelebihan dan Kekurangan; Sistem Persamaan Linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11722

Actions (login required)

View Item View Item