PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN T.A 2013/2014

Pakpahan, Lidia Saminer (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409311023 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 BAB I.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP yang diajarkan dengan model pembelajaran matematika realistik dan model pembelajaran langsung di kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas. Dari 7 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VII2 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran matematika realistik dan kelas VII3 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran langsung yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes uraian yaitu untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan yakni di SMP Swasta Methodist 2 Rantau Prapat untuk melihat reliabilitas dan validitas.Dari hasil penelitian ini didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 16,225 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 16,200. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1054 < 0,1401, dan data pre-test kelas eksperimen II diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1192 < 0,1401. Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,112 < 1,705. Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 19,325 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 16,725. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1094 < 0,1401, dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1086 < 0,1401. Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,127 < 1,705. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 6,6855 > 1,996. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP yang diajarkan dengan model pembelajaran matematika realistik dan model pembelajaran langsung di kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Call Number: 512.942 071 Pak p
Keywords: Pemecahan Masalah; Matematika; Pemecahan Matematika; Model Pembelajaran; Persamaan Linear; Matematika Realistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11712

Actions (login required)

View Item View Item