PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP AL-FITYAN MEDAN T.P 2013/2014

Nasiruddin, (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP AL-FITYAN MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409421013 COVER.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421013 BAB I.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421013 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409421013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII pada materi pokok Cahaya di SMP Al-Fityan Medan T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Al-Fityan Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inkuiri dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 32.8 dengan standar deviasi 10.3, dan nilai rata-rata kelas kontrol 31.5 dengan standar deviasi 8.5. Hasil uji-t menunjukkan bahwa data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian kemampuan awal siswa kelas eksperimen sama dengan kemampuan kelas kontrol. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71.7 dengan standar deviasi 12.2 dan kelas kontrol 64.0 dengan standar deviasi 13.3. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 73.1 termasuk dalam cukup aktif. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,08 > 2,01 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 48 maka Ha diterima, dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan dengan pembelajaran Konvensional pada materi pokok Cahaya di kelas VIII SMP Al-Fityan Medan T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmdani, Khairul196310231993031002
Call Number: 535.140 712 Nas p
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Evaluasi Belajar; Pembelajaran Inkuiri; Konvensional; Cahaya; Hukum Pembiasan; Gelombang Cahaya; Berkas Cahaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11705

Actions (login required)

View Item View Item