PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERHEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDVKELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGGALT.A 2013/2014

Husna, Asmaul (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERHEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDVKELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGGALT.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409311007 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311007 BAB I.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311007 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) di kelas VIII SMP Negeri 1 Sunggal tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 dengan jumlah siswa 37 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Prosedur dalam penelitian ini diawali dengan pelaksanaan observasi beserta tes awal, siklus I dan dilanjutkan ke siklus II untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasl belajar siswa pada materi SPLDV. Meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa diketahui dari hasil observasi dan tes yang diberikan sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 66,40%, pada sikus II rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 89,19%. Data tersebut menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami penigkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada siklus I diperoleh 14 dari 37 orang siswa (37,84%) telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya ≥ 65) sedangkan 23 siswa lainnya (62,16%) belum tuntas, dengan rata-rata nilai 61,35 yang dikategorikan dengan kemampuan rendah. Pada siklus II diperoleh 22 orang siswa (59,46%) telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya ≥ 65) sedangkan 15 siswa lainnya (40,54%) belum tuntas, dengan rata-rata nilai 66,08 yang dikategorikan dengan kemampuan sedang. Data tersebut menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa mengalami penigkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil pengamatan dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHia, Yasifati196304011989031004
Call Number: 512.507 1 Hus p
Keywords: Belajar; Aktivitas Belajas Siswa; Hasil Belajar; Kooperatif; SPLDV; Materi Pelajaran; Sistem PErsamaan Linear Dua Variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11695

Actions (login required)

View Item View Item