PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISILENGKUNG DI KELAS IX MTS. AL – JAMIATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

Lubis, Siti Maryam (2014) PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISILENGKUNG DI KELAS IX MTS. AL – JAMIATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409311048 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 BAB I.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 BAB V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX MTs Al – Jami’atul Washliyah Tembung pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan Metode Inkuiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Al – Jami’atul Washliyah yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini adalah penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bangu ruang sisi lengkung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Al – Jami’atul Washliyah yang berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 35 orang siswa perempuan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode inkuiri dengan menggunakan alat peraga dan LAS pada materi bangun ruang sisi lengkung. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dari 35 siswa terdapat 31 siswa yang mencapai skor  65% dan 4 orang siswa yang mencapai skor < 65%. Dan dari hasil tes belajar II diperoleh nilai rata-rata siswa 75,64. Berdasarkan kriteria keefektifan pembelajaran yang terpenuhi yakni: 1) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan individu mencapai 89% yang memperoleh nilai  65 dan siswa lainnya atau 11% memperoleh nilai < 65, maka pembelajaran ini dikatakan tuntas 2) Tingkat penguasaan siswa dari hasil tes belajar II mencapai kriteria sedang, maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai, 3) Hasil observasi pembelajaran berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan meode inkuiri dengan menggunakan alat peraga dan LAS dalam pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung. Dari hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa diperoleh hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama, kedua,ketiga dan keempat adalah 62,96; 68,32; 74,28;dan 78,09. Rata-rata hasil pengamatan aktivitas belajar siswa 70,91. Berdasarkan kriteria keaktifan belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode inkuiri dengan menggunakan alat peraga dan LAS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSihombing, W. L196107131987031001
Call Number: 516.360 71 Lub p
Keywords: Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Alat Peraga; LAS; Metode; Inkuiri; Tabung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11690

Actions (login required)

View Item View Item