ANALISIS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN UNIMED SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI UNIMED

Siregar, Mita Indah Rizki (2014) ANALISIS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN UNIMED SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4102141013 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141013 BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141013 BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102141013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan perpustakaan UNIMED sebagai sumber belajar dan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan perpustakaan UNIMED sebagai sumber belajar dengan hasil belajar mahasiswa jurusan biologi angkatan 2011 UNIMED. Sampel penelitian ini terdiri dari 53 orang mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dan dokumentasi. Hasil analisis data yang diperoleh adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar mahasiswa Jurusan Biologi angkatan 2011 UNIMED. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhitung < rtabel (0,0736 < 0,2757). Besarnya nilai korelasi terdapat diantara 0,00 - 0,20, berarti pemanfaatan perpustakaan UNIMED sebagai sumber belajar memiliki interpretasi korelasi yang sangat rendah bahkan dapat diabaikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan uji signifikan (t) diperoleh thitung < ttabel (0,527 < 2,004), berarti hipotesis nihil (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Besarnya kontribusi pemanfaatan perpustakaan UNIMED sebagai sumber belajar hanya sebesar 0,54% terhadap hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuriani, Cicik196606101991032002
Call Number: 574.071 Sir a
Keywords: Sumber Belajar; Hasil Belajar; Perpustakaan; Koleksi Bahan Perpustakaan; Pemanfaatan Perpustakaan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11669

Actions (login required)

View Item View Item