PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI POKOK HIMPUNAN BAGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BALIGE TAHUN AJARAN 2014/2015

Simanjuntak, Etrika Tio (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI POKOK HIMPUNAN BAGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BALIGE TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103111028 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111028 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111028 BAB I.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111028 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103111028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung pada materi pokok himpunan bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Balige T.A. 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pre-test and post-test group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Balige T.A. 2014/2015. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest) yang berbentuk essay test (uraian) masing-masing sebanyak 3 soal. Sebelum tes diberikan kepada siswa (sampel), terlebih dahulu tes divalidkan oleh 2 orang dosen dan 1 orang guru dan dinyatakan valid. Hasil Uji validitas dengan rtabel = 0,388 diperoleh bahwa pada soal pre test terdapat 3 soal valid dari 3 soal dan untuk soal post test terdapat 3 soal valid dari 3 soal. Dan hasil uji reliabilitas soal pre test diperoleh sebesar 0,846 sedangkan pada soal post test diperoleh sebesar 0,750. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen adalah 77,92 dan pada kelas kontrol adalah 75. Dari perhitungan uji normalitas data pretest kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,1314 < 0,173) dan data pretest kelas kontrol Lhitung < Ltabel (0,1284 < 0,173) sedangkan pada posttest kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,164 < 0,173) dan data posttest kelas kontrol Lhitung < Ltabel (0,1077 < 0,173) sehingga disimpulkan bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari perhitungan uji homogenitas data pretest diperoleh Fhitung = 1,20 dan Ftabel = 1,97 sedangkan pada posttest diperoleh Fhitung = 1,17 dan Ftabel = 1,97 maka Fhitung < Ftabel sehingga dapat disimpulkan kedua sampel berasal dari populasi yang homogen.Hasil uji-t pada taraf &#945; = 0,05 dan dk = 52 diperoleh thitung > ttabel yaitu (2,646 > 2,0105) artinya bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi himpunan bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Balige T.A. 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: 511.320 71 Sim p
Keywords: Pembelajaran Matematiks; Pembelajaran Berbasis Masalah; Model Pembelajaran; Pembelajaran Langsung; Himpunan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11612

Actions (login required)

View Item View Item