PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) BERBANTU AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA N 11 MEDAN T.P. 2013/2014

Sinaga, Gusnita Betaria (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) BERBANTU AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA N 11 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103321019 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321019 BAB I.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321019 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103321019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) berbantu audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas X semester II SMA N 11Medan T.P.2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II di SMA N 11 Medan T.P. 2013/2014 yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-10 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option yang telah dilakukan uji persyaratan tes dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data dianalisis dengan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) berbantu audio visuallebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi kalor di kelas X semester II SMA N 11 Medan T.P. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimarmata, Usler195404084982031005
Call Number: 536.107 1 Sin p
Keywords: Hasil Belajar; Ranah Kognitif; tana Afektif; Tanah Psikomotorik; Pembelajaran Roprs; Kolar; Wujud zat; Perpindahan Kalor; Asas Blacr
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11452

Actions (login required)

View Item View Item