BERJUDUL PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA R.A. KARTINI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Lestari, Vina (2014) BERJUDUL PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA R.A. KARTINI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103141086 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141086 LEMBAR PENGASAHAN.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141086 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141086 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141086 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141086 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141086 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141086 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141086 BAB I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141086 BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103141086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode Inquiri dan picture and picture di SMA Swasta Raden Ajeng Kartini Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi eksperiment) yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing – masing kelas. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas X-1 dan kelas X-2. Sampel ditentukan secara total sampling (sampel penuh). Untuk kelas X-1 menggunakan metode Inquiri sedangkan kelas X-2 menggunakan picture and picture. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Inkuiri dan pembelajaran picture and picture. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Inkuiri sebesar 86,1 dengan standart deviasi 7,49 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas picture and picture 80,1 dengan standart deviasi 6,42. Adanya perbadaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalaui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf keparcayaan α = 0,05 dimana thitung 3,798 > ttabel 1,668 yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajarn siswa yang signifikan setelah diajarkan dengan mengguanakan metode pembelajaran Inkuiri dan metode pembelajaran picture and picture pada materi pokok ekosistem pada kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah Tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLazuardi, 196004231989021001
Call Number: 577.107 12 Les p
Keywords: pembelajaran inkuiri; belajar; metode inkuiri; metode picture and picture; ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NX Arts in general
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11427

Actions (login required)

View Item View Item