PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Ariani, Ratih (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4102131014 COVER.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102131014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102131014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102131014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102131014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102131014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102131014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102131014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102131014 BAB I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102131014 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4102131014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa pada penggunaan Mind Mapping pada model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based learning) lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa tanpa penggunaan Mind Mapping pada model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based learning) pada pokok bahasan hidrokarbon di SMA Negeri 4 Kisaran dan SMA Negeri 1 Binjai pada kelas X semester genap tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Kisaran dan SMA Negeri 1 Binjai.Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposif sampling dengan mengambil 1 guru dari 3 guru sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen II untuk SMA Negeri 4 Kisaran, untuk SMA Negeri 1 Binjai kelas X-2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X-1 sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II pada SMA Negeri 4 Kisaran masing-masing berjumlah 36 orang dan sampel pada SMA Negeri 1 Binjai pada kelas eksperimen I berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen II berjumlah 30 orang. Kelas eksperimen I diajarkan dengan menggunakan Mind Mapping pada model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dan kelas eksperimen II diajarkan tanpa pengunaan Mind Mapping pada model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning).Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I pada SMA Negeri 4 Kisaran diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 38.33 ± 9.85dan nilai rata-rata postest adalah 88.47± 6.70. Sedangkan nilai rata-rata pre test untuk kelas eksperimen II adalah 37.91 ± 10.30 dan nilai rata-rata postest adalah 85 ± 5.09 dan untuk kelas eksperimen I pada SMA Negeri 1 Binjai diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 40 ± 9.10dan nilai rata-rata postest adalah 88.89 ± 6.55.Sedangkan nilai rata-rata pre test untuk kelas eksperimen II adalah 39.33 ± 8.38 dan nilai rata-rata postest adalah 86.5 ± 5.74. Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh thitung> ttabel = 2.496>1.667 untuk SMA Negeri 4 Kisaran dan1.70>1.669 untuk SMA Negeri 1 Binjai. Berarti hasil belajar kimia siswa pada pembelajaran yang menggunakan Mind Mapping pada model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) lebih tinggi daripada dengan hasil belajar yang hanya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) tanpa penggunaan Mind Mapping pada pokok bahasan Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 547.010 712 Ari p
Keywords: hasil belajar; model problem based learning; mind mapping; hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11385

Actions (login required)

View Item View Item