PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR, KERJA SAMA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI MA NEGERI 1 MEDAN

Manik, Khairatun Nisa (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR, KERJA SAMA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI MA NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131032 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131032 BAB I.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131032 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihasil belajar kimiasiswa yang menggunakan modelpembelajaranProblem-Based Learning di SMA pokok bahasan koloid.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian two group pre-tes dan pos-tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester I MA Negeri 1Medan T.P. 2013/2014 yang berjumlah 285 siswa dan terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan cara randomsampling, yaitu kelas XIIPA5 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XIIPA4 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 45 dan 45 siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 30 item dengan lima option, yang telah di validkan oleh mahasiswa kemudian diujicobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalahuji t satupihak.Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,97 dengan standar deviasi 7,08dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 33,12 dengan standar deviasi 7,64.Berdasarkanujibedanyatadenganujistatistik t satupihakdapatdisimpulkanbahwahasil pretest lebih kecildarihasilpost testpadatingkatsignifikan 5%.Sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 81,242 dengan standar deviasi 7,72dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 60,72 dengan standar deviasi 7,86.Berdasarkanujibedanyatadenganujistatistik z dapatdisimpulkanbahwahasil post test lebih besardarihasilpretest padatingkatsignifikan 5%.Dari keduahalinidapat disimpulkan bahwa ada perbedaaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem-Based Learnigdenganhasilbelajardenganmetodeceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJahro, Iis Siti196510151992032003
Call Number: 541.345 071 2 Man p
Keywords: model pembelajaran; koloid; koloid liofil; koloid liotob; analisis data
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11377

Actions (login required)

View Item View Item