PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR ASAM BASA SISWA SMK KELAS XI

Yoharde, Fino (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR ASAM BASA SISWA SMK KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409631003 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631003 BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631003 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409631003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaranThink Pair Share (TPS) dan metode inquiry lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaranThink Pair Share (TPS) dan metode inquiry (konvensional) pada pokok bahasan AsamBasa di kelas XI SMK Farmasi APIPSU Medan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Farmasi.Sampel sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak.Kelas eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan model pembelajaranThink Pair Share (TPS) dan metode inquiry, sedangkan kelas kontrol diberi pengajaran tanpa model pembelajaranThink Pair Share (TPS) dan metode inquiry (konvensional).Hasil analisis data pre-test diperolehFhitung = 1,60danFtabel = 1,795, yang menyatakan data tersebut homogen dan berdasarkan uji normalitas pre-test dan pos-test kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen adalah 31,375 dan 84,5serta nilai rata-rata kelas kontrol adalah 41,625 dan76,125. Rata-rata gain kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 77% dan 59%. Uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperolehthitung = 9,2 danttabel = 1,6671, thitung>ttabelmaka hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran model pembelajaranThink Pair Share (TPS) dan metode inquiry lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaranThink Pair Share (TPS) dan metode inquiry pada pokok bahasan Asam Basa di kelas XI SMKFarmasi APIPSU Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDibiyantini, Ratu Evina196206221986032001
Call Number: 541.240 712 Yoh p
Keywords: hasil belajar; pembelajaran kooperatif; metod epembelajaran inkuiri; asam basa; kekuatan; drajat keasaman/PH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11365

Actions (login required)

View Item View Item