PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN TA 2013/2014

Anwar, Khairul (2014) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 1 RANTAU SELATAN TA 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244110063 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110063 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110063 BAB I.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110063 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui apakah pembelajaran realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variable, (2) Mengetahui pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan menerapkan pembelajaran realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Rantau Selatan yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan pembelajaran realistik pada pokok bahasan SPLDV Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil tes diagnostik yang dilakukan sebelum tindakan, diketahui tingkat kemampuan memecahkan masalah siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 36,31. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah Sangat Rendah dengan nilai rata-rata kelas 50 dengan 11 siswa atau 34,7% dari keseluruhan siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 75 dimana jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 27 orang atau 90 % dari seluruh siswa. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas dalam belajar, dan terdapat 85% siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh nilai rata-rata pada kegiatan awal 2,88 kegiatan inti 3.13 dan kegiatan akhir 3,25 pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru termasuk kategori baik. Berdasarkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terbukti adanya peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pokok bahasan SPLDV SMP Negeri 1 Rantau Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 19313311991031030
Call Number: 516.360 712 Anw p
Keywords: pendekatan matematika; realistik; karakteristik; teori- teori; penerapan pendekatan; langkah- langkah pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11334

Actions (login required)

View Item View Item