Penerapan model pembelajaran know � want - learn sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa pada sub materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas xi ipa sma nusantara lubuk pakam tahun pembelajaran 2013/2014

Amelia, Nova (2014) Penerapan model pembelajaran know � want - learn sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa pada sub materi pokok sistem ekskresi pada manusia di kelas xi ipa sma nusantara lubuk pakam tahun pembelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model K-W-L ( Know-Want-Learn) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia di kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013-2014. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sample dengan cara Purposive Sampling .Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang menekankan kepada kegiatan atau tindakan dengan mengujicobakan suatu ide ke dalam praktik atau situasi nyata dalam skala makro, dan diharapkan kegiatan tersebut mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berguna untuk mengungkapkan kesulitan yang dialami oleh siswa dan cara mengatasinya sebagai upaya untuk menanggulangi kesulitan yang dialami.Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pada tes hasil belajar siklus I yang diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 71,25 dalam tingkat ketuntasan 72,5%. Kegiatan guru dalam melaksanakan pembelajaran belum optimal dan kegiatan siswa juga belum maksimal. Siswa belum terkondisikan dengan baik, sehingga masih banyak siswa yang membuat ramai dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 74,75 dengan tingkat ketuntasan 82,5%, hal ini terlihat pada proses pembelajaran kegiatan guru dan siswa sudah mengalami peningkatan, guru dan siswa sudah melaksanakan pembelajaran secara maksimal sehingga hasil yang diperoleh juga maksimal, Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Know-Want-Learn mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat baik sesuai dengan indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasanah, Uswatun196103011988032002
Call Number: 574.140 712 Ame p
Keywords: hasil belajar; Know- Want- Learn; penelitian tindakan kelas; sistem ekskresi manusia; instrumen penelitian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item View Item