IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE PERCOBAAN (EKSPERIMEN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REDOKS KELAS X DI SMA NEGERI 4 MEDAN

Sianturi, Kristina M. (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE PERCOBAAN (EKSPERIMEN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REDOKS KELAS X DI SMA NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131033 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131033 KATA PENGATAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131033 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131033 BAB I.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131033 BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode percobaan (eksperimen) memberikan hasil belajar kimia lebih tinggi daripada hasil belajar kimia dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan yang terdiri atas 10 kelas berjumlah 410 siswa. Pengambilan sampel penelitian diambil secara random sampling yaitu sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yang masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Pada kelas eksperimen I diberi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode percobaan (eksperimen) dan pada kelas eksperimen II diberi pembelajaran konvensional serta keduanya menggunakan pendekatan Scientific sesuai tuntutan kurikulum 2013. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dinyatakan terdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Dari data hasil penelitian bahwa rata-rata hasil belajar (posttest) siswa kelas eksperimen I adalah 79,50 lebih tinggi dari kelas eksperimen II dengan nilai rata-rata 71,12. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel dengan menggunakan uji t satu pihak (uji pihak kanan) yaitu 4,49 > 1,66 pada taraf signifikansi α = 0,05 . Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan pendekatan Scientific pada pokok bahasan reaksi redoks. Disamping itu pencapaian ranah afektif dan psikomotorik kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II, untuk kelas eksperimen I capaian nilai afektif siswa adalah 80,12% dan nilai psikomotorik adalah 90,58%. Pencapaiaan nilai afektif untuk kelas eksperimen II adalah 59,48% dan capaian nilai psikomotorik adalah 78,91%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJuniar, Anna196006131988032001
Call Number: 541.393 071 2 Sia i
Keywords: kurikulum; belajar kimia; strategi pembelajaran; metode mengajar; metode konvensional; materi redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11281

Actions (login required)

View Item View Item