PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Rangkuti, Lysa Barina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4114131005 COVER.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4114131005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Kimia Siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) berbasis praktikum di SMA Negeri 2 Medan pada Pokok Bahasan sistem Koloid . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan tahun ajaran 2013/2014. Siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan sebanyak 8 kelas. Kelas yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu XI IPA4 (sebagai kelas kontrol) dan XI IPA5 (sebagai kelas eksperimen). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 25 item dengan lima option, yang telah di validkan ke siswa YAPIM, kemudian diujicobakan untuk mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 60,24 dengan standar deviasi 346,0 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 49,29 dengan standar deviasi 274,4. Berdasarkan uji beda nyata dengan uji statistik t dapat disimpulkan bahwa hasil pretest lebih kecil dari hasil post test pada tingkat signifikan 5%. Sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 82,9 dengan standar deviasi 476,2 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol adalah 66,96 dengan standar deviasi 372,8. Berdasarkan uji beda nyata dengan uji statistik t dapat disimpulkan bahwa hasil post test lebih besar dari hasil pretest pada tingkat signifikan 5%. Dari ke dua hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) berbasis praktikum dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, Hafni Indriati195809241984032001
Call Number: 541.345 071 2 Ran p
Keywords: belajar kimia; hasil belajar; media praktikum; pembelajaran konvensional; sistem koloid; sifat- sifat koloid; pembuatan koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11277

Actions (login required)

View Item View Item