PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASISWEBLOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON

Rahmah, Siti Mutia (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASISWEBLOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4103131069 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131069 LEMBAR PENGESDAHAN.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131069 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131069 BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131069 BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4103131069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran kimia berbasis weblog lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kimia berbasis weblog tanpa model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi pokok hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Percut Sei Tuan yang dibagi menjadi 5 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling random sederhana (acak), 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lagi sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Instrumen tes yang digunakan adalah 20 soal pilihan berganda yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data peningkatan hasil belajar (gain) pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t satu pihak. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel yakni 5,546>1,670, artinya Ho ditolak dan Ha diterima yaitu rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran kimia berbasis weblog lebih tinggi daripada rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kimia berbasis weblog tanpa model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi pokok hidrokarbon. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa (gain) kelas eksperimen adalah 0,778 (77,8%) dan kelas kontrol 0,670 (67,0%). Nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 86,56 dan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 79,84.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimorangkir, Murniaty195905041984032001
Call Number: 547.010 712 Rah p
Keywords: hasil belajar; karakteristik CTL; media pembelajaran komputer; senyawa karbon; atom karbon; alkana; minyak bumi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item