IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUB MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Novika, Ely (2013) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SUB MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409341016 COVER.pdf]
Preview
Text
409341016 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 409341016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409341016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 409341016 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409341016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 409341016  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409341016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 409341016 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409341016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 409341016 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409341016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 409341016 DAFTRA GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409341016 DAFTRA GAMBAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 409341016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409341016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 409341016  BAB I.pdf]
Preview
Text
409341016 BAB I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 409341016  BAB V.pdf]
Preview
Text
409341016 BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 409341016 DAFTRA PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409341016 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran FIRE-UP pada sub materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa di Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah total siswa 117. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dengan cara acak. Selanjutnya instrumen yang dipakai dalam perolehan data adalah bentuk tes. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah menghitung tingkat penguasaan siswa dan menghitung ketuntasan siswa. Berdasarkan analisis data, maka didapat hasil penelitian sebagai berikut : Hasil belajar siswa pada sub materi pokok pencemaran lingkungan yang diajarkan dengan strategi pembelajaran FIRE-UP adalah kategori sedang. Implementasi strategi pembelajaran FIRE-UP pada pembelajaran pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam hal berdiskusi, menggali materi dan bertanya. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran FIRE-UP sebesar 23% di mana nilai rata-rata pretesnya sebesar 51,08 dan nilai rata-rata postesnya sebesar 72,97. Berdasarkan data hasil penelitian, dengan rentang nilai 0-100 diperoleh 33 siswa atau 89% telah tuntas belajar yaitu yang mencapai nilai 70 keatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577.107 12 Nov i
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Fire-up; Langkah-langkah; Hasil Belajar Biologi; Pencemaran Lingkungan; Kegiatan Manusia; Pelestarian Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 02:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11039

Actions (login required)

View Item
View Item