PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP SWASTA IRA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Angriana, Wella (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP SWASTA IRA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409341052 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341052LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341052 BAB I.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341052 BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Swasta IRA Medan T.P 2012/2013. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta IRA Medan dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIa dan VIIb. dimana kelas VIIa dengan Learning Cycle sedangkan kelas VIIb diajar dengan konvensional sebagai kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 20 soal dari 40 soal yang telah diuji validitasnya. Nilai rata-rata pre-tes adalah 55,65 dengan standart deviasi 8,15 dan nilai rata-rata post-tes yaitu 77,10 dengan standart deviasi 8,43. Hasil belajar IPA siswa ada peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle. Adanya pengaruh terhadap hasil belajar pada kelas penelitian tersebut di uji melalui pengujian hipotesis dengan taraf kepercayaan α = 0,05, thitung > ttabel atau 4,582 > 1,9954 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle pada sub materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Swasta IRA Medan T.P 2012/2013. Untuk data aktivitas disajikan dalam bentuk persentase memiliki aktivitas sebesar 95% dengan kategori (sangat baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEdi, H. Syahmi196407101990031002
Call Number: 577.107 12 Ang p
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Metode Pembelajaran; Konvensional; Konstruktivisme; Learning Cycle; Pencemaran Lingkungan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11038

Actions (login required)

View Item View Item