PENGGUNAAN KOMBINASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM

Nurwahyuningsih. M.A, (2014) PENGGUNAAN KOMBINASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409331043 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331043 BAB I.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331043 BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan kombinasi metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan SEM (Structure Exercise Methode) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA pada pokok bahasan struktur atom. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban. Sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan kombinasi metode STAD dan SEM memberikan hasil belajar yang baik sebesar 85,26 sedangkan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode SEM sebesar 78,33. Disamping itu, dari analisis data gain yang telah berdistribusi normal dan homogen bahwa rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimen I sebesar 0,6402 dan kelas eksperimen II sebesar 0,6381 sehingga persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 64,02 % sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 63,81 %. Sesuai dengan uji hipotesis yakni uji t dua pihak, dengan taraf signifikan 0,025 diperoleh thitung > ttabel, yakni thitung = 3,53 > ttabel = 1,994, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan melihat hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan kombinasi metode Student Achievement Division (STAD) dan Structure Exercise Method (SEM) dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Structure Exercise Method (SEM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDibyantini, Ratu Evina196206221986032001
Call Number: 541.240 71 Nur p
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Modal Pembelajaran STAD; Structure Exercise Method (SEM); Struktur Atom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10977

Actions (login required)

View Item View Item