EFEKTIVITAS MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) PADA PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KOMUNIKATIF SERTA KERJASAMA SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Simarmata, Novita Purnama Sari (2014) EFEKTIVITAS MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) PADA PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KOMUNIKATIF SERTA KERJASAMA SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409431025 COVER.pdf]
Preview
Text
409431025 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 409431025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409431025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 409431025 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409431025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 409431025 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409431025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 409431025 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409431025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 409431025 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
409431025 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 409431025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409431025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 409431025 BAB I.pdf]
Preview
Text
409431025 BAB I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of 409431025 BAB V.pdf]
Preview
Text
409431025 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 409431025 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409431025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis kooperatif dengan pemanfaatan media TTS,(2) Untuk mengetahui hubungan signifikan karakter komunikatif terhadap hasil belajar saswa dalam pembelajaran kooperatif TGT,(3) Untuk mengetahui hubungan signifikan karakter kerjasama terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif TGT,dan (4)Mengetahui efektivitas media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar, komunikatif, dan kerja sama siswa pada pembelajaran berbasis kooperatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA SW Duyn Hoven Saribudolok yang berjumlah 4 kelas dan masing-masing kelas berjumlah 42 orang. Kelas X2 yang diberi pengajaran TGT dengan menggunakan media Teka-teki silang dan kelas X1 yang diberi pengajaran TGT tanpa menggunakan media, kelas X3 dengan metode ceramah. Masing-masing sampel penelitian ketiga kelas eksperimen adalah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 18 soal (r11= 0,87801) dan lembar obsevasi karakter kerja sama dan karakter komunikatif. Jenis penelitian ini adalah rancangan faktorial. Teknik analisa data menggunakan ANAVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji BNT . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis kooperatif dengan pemanfaatan media TTS,(2) Ada hubungan signifikan karakter komunikatif terhadap hasil belajar saswa dalam pembelajaran kooperatif TGT,(3) ada hubungan signifikan karakter kerjasama terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif TGT,dan (4) Media teka-teki silang cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar, komunikatif, dan kerja sama siswa pada pembelajaran berbasis kooperatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 547.010 71 Sim e
Keywords: Belajar dan Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Belajar Menyenangkan; Media Pembelajaran; Teka-Teki Silang; Pendidikan Karakter; Hidrokarbon
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Nov 2016 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10962

Actions (login required)

View Item
View Item