PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENTS DIVISION) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA

Anderson, S. Jery (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENTS DIVISION) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara modelpembelajaran kooperatif STAD dengan Jigsaw. Penelitian dilakukan terhadapsiswa kelas X SMA Negeri 6 Medan menggunakan model pembelajarankooperatif tipe STAD sebagai kelas eksperimen 1 dan model pembelajarankooperatif tipe Jigsaw sebagai kelas eksperimen 2. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 79 orang. Hasil belajar kimia siswa yangmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan modelpembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan ikatan kimia diketahuidari kemampuan siswa sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Dari hasiluji data prestest dan posttest tebukti data terdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 1 adalah 30 dan dan postest adalah 48,58 serta nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 2 adalah 21,5 dan posttest adalah 47. Ratarata gain kelas eksperimen 1 adalah 26,90% dan kelas eksperimen 2 adalah 32,44%, selisih peningkatan (% gain) hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 adalah 5,54%. Hipotesis diuji dengan uji t dua pihak padataraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) 60 dan 120. Hasil uji hipotesis diperoleh hitung t < tabel t (0,54 < 1,995) berarti bahwa tidak ada perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus,, Marham196301011989031004
Call Number: 541.224 071 And p
Keywords: Belajar; Aktivitas Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Tipe STAD; Ikatan Kimia; Ikatan Ion
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10944

Actions (login required)

View Item View Item