PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DIKELAS X SMA NEGERI 1 PANCURBATU

Simanjorang, Rianur (2014) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DIKELAS X SMA NEGERI 1 PANCURBATU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244320014 COVER.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320014 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320014 BAB I.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320014 BAB V.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244320014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview

Abstract

Pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Ikatan Kimia dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu melakukan pengajaran dengan model Quantum Teaching sebagai kelas eksperimen dan pendekatan konvensional pada kelas kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang. Pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar kimia siswa diketahui dari kemampuan siswa sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Dari hasil uji data prestest dan posttest tebukti data terdistribusi normal dan homogeny. Nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen adalah 48,4 dan 81,4 serta nilai rata-rata kelas kontrol adalah 44,4 dan 74,53. Rata-rata gain kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 61% dan 53%, selisih peningkatan (%gain) hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 8%. Hipotesis diuji dengan uji t pihak kanan pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 5. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung (2,8) >ttabel =1,667 berarti bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Quantum Teaching lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatankonvensional pada pokok bahasan Ikatan Kimia di kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Jamalum196412071991031002
Call Number: 541.224 071 Sim p
Keywords: Hasil Belajar; Model Konvensional; Quantum Teaching; Desain; Ikatan Kimia; Rancangan Quantum Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10939

Actions (login required)

View Item View Item